Papan reklame yang menjadi media beriklan secara outdoor terdiri dari beberapa jenis. Kemajuan teknologi saat ini tidak hanya memungkinkan Anda memasang iklan dalam bentuk dua dimensi saja. Anda bisa menggunakan media reklame bergerak atau digital. Berikut akan dibahas 5 poin yang membuat media reklame digital dan konvensional berbeda.

  1. 1. Bentuk Iklan

Poin utama yang membuat dua jenis media iklan ini berbeda adalah bentuknya. Media yang konvensional hanya terbatas pada tampilan iklan dua dimensi. Iklan yang ditampilkan berupa gambar dan teks. Meskipun terbatas lewat gambar dan teks namun jenis iklan yang satu ini masih terbukti efektif hingga sekarang.

Sementara itu untuk jenis media digital Papan reklame, Anda bisa menampilkan iklan berbentuk gambar bergerak atau video. Lewat video tentu saja informasi yang disampaikan mengenai suatu produk bisa semakin lengkap. Audiens juga bisa melihat tampilan iklan yang lebih menarik sehingga ingin tahu lebih jauh mengenai produk yang diiklankan.

  1. 2. Efektivitas

Keduanya juga memiliki tingkat efektivitas yang berbeda. Media digital dinilai lebih efektif jika dibandingkan media konvensional. Tampilan iklan berupa video tentu bisa lebih mudah dipahami oleh masyarakat daripada jenis iklan yang hanya berupa gambar dan teks. Meskipun begitu keduanya masih sama-sama banyak digunakan Papan reklame hingga saat ini.

Untuk jenis iklan yang bersifat konvensional, Anda membutuhkan usaha lebih untuk menampilkan gambar dan teks yang menarik. Meskipun hanya dalam bentuk 2 dimensi, namun jika ditampilkan dengan cara yang unik maka akan tetap efektif menarik perhatian masyarakat. Sementara itu untuk jenis iklan digital akan jauh lebih mudah untuk menarik perhatian lewat bentuk yang lebih sederhana.

  • 3. Biaya

Dua jenis papan iklan digital dan konvensional ini juga berbeda dilihat dari segi biaya. Biaya yang dibutuhkan mungkin akan sangat dipengaruhi oleh lokasi pemasangan iklan. Namun secara garis besar media beriklan digital jauh lebih mahal dibandingkan yang konvensional.

Metode pembayaran untuk dua jenis reklame ini juga berbeda. Papan iklan konvensional biasanya cukup membutuhkan satu kali pembayaran untuk kontrak waktu pemasangan tertentu. Sementara itu untuk jenis Papan reklame, biaya yang berlaku adalah biaya untuk sekali tayang.

  • 4. Keunikan

Dari sisi keunikannya, media beriklan digital memang terkesan jauh lebih unik. Selain itu, kreativitas pembuat iklan bisa lebih dikembangkan lewat media digital. Anda bisa lebih mudah berkreasi membuat pemaparan produk yang unik dan menarik dalam bentuk gambar bergerak. Meskipun begitu, media konvensional juga tetap tak membatasi Anda untuk membuat promosi produk yang juga menarik.

  • 5. Peran Listrik

Kedua jenis iklan ini membutuhkan dukungan sumber tenaga listrik agar bisa dilihat jelas oleh audiens. Untuk jenis iklan konvensional, dibutuhkan listrik untuk menyalakan lampu agar gambar iklan terlihat jelas. Sementara itu untuk iklan digital, tenaga listrik dibutuhkan agar video bisa ditampilkan ke audiens.

Papan reklame tetap akan bisa bertahan dan terlihat oleh audiens meskipun sumber listrik tak ada. Sementara itu untuk jenis papan yang digital, tampilan iklan tidak akan bisa terlihat jika sumber listrik hilang. Hal ini juga bisa menjadi pertimbangan bagi Anda sebelum memilih media iklan yang mana untuk digunakan. Itulah tadi 5 perbedaan dari papan reklame digital dan konvensional. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Pilih media beriklan yang paling sesuai kebutuhan dan bisa memenuhi target marketing Anda. Pastikan promosi dibuat seunik mungkin agar bisa merangkul lebih banyak konsumen.

Baca juga :

Tips Promosi di Media Iklan Billboard