Iklan Outdoor – Beragam jenis media iklan tersedia dan memudahkan para pelaku usaha untuk memopulerkan produk mereka. Salah satu cara promosi yang dinilai efektif adalah pemasangan iklan outdoor. Jenis iklan ini juga sangat beragam mulai dari spanduk, baliho, banner, poster, dan masih banyak lagi. Jika Anda tertarik untuk memasang advertisement sejenis ini maka perhatikan 6 hal berikut terlebih dahulu.

  1. 1. Sasaran Konsumen

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah siapa sasaran konsumen Anda. Ini akan menentukan target audiens yang ingin diraih dari aktivitas iklan tersebut. Misalnya, Anda mempunyai target konsumen pelajar maka audiens yang ditargetkan adalah kaum pelajar hingga orang tua yang memiliki anak pelajar.

Jika sudah memahami target konsumen dan audiens, maka akan lebih mudah untuk merencanakan langkah promosi berikutnya. Anda bisa lebih mudah menentukan lokasi pemasangan juga desain iklannya. Semua bisa direncanakan sesuai dengan target konsumen yang ingin diraih sehingga strategi promosi ini bisa berjalan efektif.

  1. 2. Ukuran dan Jenis

Poin berikutnya yang penting untuk dipikirkan adalah ukuran serta jenis media yang akan dipakai. Apakah Anda akan memakai banner, poster, atau baliho berukuran besar? Tentu saja hal ini harus dipikirkan matang-matang karena juga akan berpengaruh pada biaya yang harus dikeluarkan.

Semakin besar ukuran iklan maka semakin besar juga biaya yang harus dibayarkan. Namun hal ini juga tetap dipengaruhi oleh jenis medianya. Tentu biaya untuk baliho serta billboard pasti akan berbeda dengan iklan poster. Sesuaikan pilihan ukuran dan jenis media dengan kebutuhan sekaligus target yang ingin diraih dari pemasangan advertisement tersebut.

  1. 3. Desain

Langkah berikutnya dalam pemasangan iklan luar ruang adalah merencanakan desain yang menarik. Orang tentu akan lebih bersemangat jika melihat iklan dengan desain yang menarik sekaligus unik. Usahakan untuk memakai warna-warna yang menarik perhatian. Gunakan kata-kata yang mudah diingat tapi juga bisa menyampaikan informasi secara akurat. 

Lewat media promosi yang satu ini, Anda bisa memasang gambar dan teks yang menarik. Namun, teknologi saat ini juga memungkinkan Anda memasang video lewat fasilitas megatron dan videotron yang tentu biayanya jauh lebih besar. Siapkan materi yang bagus dan menarik agar bisa langsung memaksa audiens untuk mencari tahu lebih jauh tentang produk Anda.

  1. 4. Lokasi Pemasangan

Berikutnya pikirkan dimana advertisement yang Anda buat akan dipasang. Ini menjadi poin yang harus direncanakan dengan sebaik mungkin. Pilih lokasi yang strategis dan berada di lingkungan yang dipenuhi oleh target audiens serta target konsumen Anda. Untuk mendapatkan lokasi yang tepat, Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu. 

  1. 5. Biaya

Urusan bujet jangan sampai terlewat. Anda harus memikirkan berapa besar biaya yang akan dikeluarkan untuk strategi advertising ini. Jika sudah ada rencana bujet maka bisa disesuaikan dengan media yang akan dipakai serta lokasi pemasangannya. Jika bujet terbatas, maka pilih media seperti spanduk atau banner namun dengan konsep dan strategi pemasangan yang efektif.

  1. 6. Waktu Pemasangan

Pikirkan juga waktu yang tepat untuk menaikkan iklan. Jenis promosi yang satu ini punya jangka waktu pemasangan. Penting untuk mengetahui kapan materi Anda akan dipasang dan diturunkan. Itulah 6 hal penting yang harus diperhatikan saat Anda akan memasang iklan outdoor. Langkah promosi yang satu ini memang dikenal efektif, dan akan sangat membantu meningkatkan angka penjualan bisnis Anda. Rencanakan sebaik mungkin agar dalam satu kali pemasangan iklan, bisnis Anda sudah mendapatkan manfaatnya.

Baca juga :

Ragam Media Promosi beserta Kelebihan dan Kekurangannya