Beragam jenis cara beriklan bisa dipilih untuk mendorong kemajuan sebuah bisnis. Kini langkah memasang iklan outdoor banyak dijadikan pilihan karena terbukti sangat efektif. Apalagi sekarang sudah tersedia beragam jenis media iklan outdoor yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut akan dibahas beberapa pilihan media yang biasa digunakan untuk melakukan promosi secara outdoor.

  1. 1. Poster

Tipe pertama adalah poster yang merupakan salah satu alat publikasi paling sederhana tapi bisa sangat efektif. Poster berbentuk selembar kertas yang disertai dengan gambar dan teks untuk menunjukkan informasi tertentu. Anda bisa mempromosikan bisnis sekaligus produk Anda lewat media ini. Terlebih lagi jika Anda tak punya biaya besar untuk berpromosi

Biaya pembuatan poster cukup terjangkau dan Anda bisa membuat desain sendiri sesuka hati. Selain itu lokasi pemasangan poster juga lebih fleksibel. Anda bisa memasangnya di lebih dari satu tempat sehingga jangkauan audiens menjadi lebih luas. Sayangnya alat promosi yang satu ini tidak terlalu awet karena mudah rusak dan dilepas.

  1. 2. Banner

Pilihan media berikutnya adalah banner. Banner ini punya begitu banyak jenis, mulai dari x banner, mini x-banner, roll banner, y-banner, hingga giant banner. Penggunaan banner juga tergolong sangat fleksibel. Anda bisa meletakkan ini di berbagai lokasi dan proses pemindahannya juga sangat mudah. Pastikan untuk memilih jenis banner sesuai kebutuhan dan pilih yang bagus kualitasnya.

  • 3. Spanduk

Anda juga bisa berpromosi lewat spanduk. Spanduk ini menjadi alat promosi sederhana yang cukup lama dikenal dan digunakan masyarakat. Hanya saja media ini tidak bisa bertahan cukup lama dan bisa cepat rusak. Spanduk sangat cocok digunakan sebagai media promosi bagi Anda yang budgetnya terbatas dan ingin mengutamakan kepraktisan.

  • 4. Billboard

Jika Anda punya dana yang cukup lumayan maka bisa dicoba pemasangan billboard. Billboard ini menjadi pilihan media outdoor advertising yang punya efektivitas tinggi. Ukurannya besar dan bisa dipasang untuk jangka waktu yang cukup lama. Biasanya pemasangan billboard dilakukan untuk jangka waktu satu tahun dan pembayaran dilakukan sekali saja di awal sebelum pemasangan.

Penggunaan billboard juga sangat menguntungkan karena biasanya memilih lokasi-lokasi strategis. Selain itu ukuran billboard yang besar juga mempermudah masyarakat untuk membaca dan melihat informasi di dalamnya dengan mudah. Semakin bagus desainnya, maka semakin banyak orang yang akan tertarik dan mengingat isi billboard tersebut.

  • 5. Megatron dan Videotron

Jika bujet yang tersedia cukup besar, maka tak ada salahnya memasang informasi promosi produk memakai megatron dan videotron. Dua media ini akan memungkinkan Anda untuk memasang iklan dalam bentuk video. Tentu saja hal ini akan sangat membantu iklan bekerja secara lebih efektif lagi. Daripada hanya sebatas gambar dan teks, video bisa bekerja lebih baik untuk menarik minat beli konsumen.

Penggunaan videotron dan megatron sepertinya memang yang paling efektif saat ini untuk jenis promosi outdoor. Keduanya bisa menarik perhatian masyarakat dan memudahkan pihak pembuat iklan untuk menampilkan informasi produk secara lengkap. Hanya saja memang biaya yang dibutuhkan cukup besar apalagi jika lokasi pemasangannya sangat strategis. Itulah beberapa pilihan media iklan outdoor yang bisa dijadikan pilihan. Pertimbangkan secara matang jenis fasilitas apa yang akan Anda gunakan. Siapkan juga desain yang paling menarik agar masyarakat bisa dengan mudah mengingat produk Anda. Perlu dipahami bahwa ada jangka waktu pemasangan sehingga Anda harus bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Baca juga :

6 Hal Dalam Membuat Iklan Outdoor