Beriklan merupakan langkah untuk mempromosikan bisnis dan produk Anda ke masyarakat. Langkah ini bisa dilakukan lewat berbagai jenis media. Pilihan media promosi atau beriklan kini memang semakin beragam dan Anda bisa memilih sesuai kebutuhan bisnis. Berikut akan dibahas ragam pilihan media iklan beserta kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

1. Majalah dan Surat Kabar

Jenis media yang satu ini memang sudah cukup lama digunakan bahkan sebelum teknologi semakin berkembang seperti sekarang. Meskipun kini pilihan beriklan semakin banyak, namun promosi lewat majalah dan surat kabar tetap masih dinilai efektif. Apalagi saat ini pembaca majalah dan surat kabar juga masih terhitung banyak sehingga aktivitas beriklan di sini tetap akan menguntungkan.

Kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh sarana iklan satu ini adalah tahan lama. Iklan yang dipasang di majalah dan surat kabar bisa bertahan lama di kalangan masyarakat. Sayangnya, Anda hanya bisa memasang iklan dalam bentuk gambar dan teks. Selain itu proses distribusi iklan lewat majalah dan surat kabar juga terhitung lama.

2. Televisi

Pilihan berikutnya bagi Anda yang ingin memasang iklan adalah media elektronik berupa televisi. Jenis iklan ini tentu menawarkan paket komplit. Anda bisa menghadirkan informasi sejelas-jelasnya kepada masyarakat. Lewat iklan televisi, Anda bisa memaparkan produk dalam bentuk video, teks, gambar, dan audio di waktu yang bersamaan.

Iklan di televisi juga sangat mudah menjangkau masyarakat luas. Apalagi masyarakat bisa menonton semua iklan televisi secara gratis. Namun, untuk bisa beriklan di televisi Anda harus mengeluarkan modal uang yang banyak. Selain itu penayangan iklan juga terbatas sehingga tidak selalu bisa dilihat oleh konsumen.

3. Radio

Tak hanya televisi, Anda juga bisa menggunakan media elektronik berupa radio untuk beriklan. Jenis iklan yang satu ini juga sudah dikenal sejak lama dan memang terbukti cukup efektif. Kelebihannya adalah jenis iklan ini bisa menjangkau lebih banyak konsumen karena radio termasuk media yang terjangkau bagi siapa saja.

Kekurangan dari beriklan di radio adalah keterbatasan tampilan iklan. Lewat radio, Anda hanya bisa beriklan dengan menggunakan fasilitas audio. Anda tak bisa memperlihatkan gambar produk apalagi video. Jadi akan jauh lebih sulit untuk mendeskripsikan produk dan membuat masyarakat tertarik membeli produk tersebut.

4. Media Online

Ini dia pilihan sarana beriklan yang saat ini paling populer. Media beriklan online jelas menjadi primadona saat ini mengingat kemajuan teknologi semakin maju dan menjangkau banyak kalangan. Ada beberapa jenis fasilitas yang bisa dipakai mulai dari media sosial, website, hingga email.

Kelebihannya adalah Anda bisa bebas memasang iklan dalam bentuk apapun baik gambar, teks, maupun video. Anda juga bisa leluasa memperlihatkan produk sejelas mungkin. Kekurangannya, tidak semua kalangan masyarakat akrab dengan fasilitas ini. Apalagi bagi kalangan orang tua atau masyarakat di pedesaan. Selain itu Anda juga harus pandai mengumpulkan pengikut agar upaya iklan bisa berjalan efektif.

5. Iklan Outdoor

Langkah beriklan berikutnya yang bisa Anda pilih adalah iklan outdoor. Beberapa contoh media iklan outdoor yang bisa digunakan adalah banner, poster, baliho, juga spanduk. Jenis iklan semacam ini dikenal sangat efektif dan mudah menjangkau beragam kalangan masyarakat. Hanya saja jenis iklan ini memiliki jangkauan lokasi terbatas dan dibutuhkan biaya yang bervariasi tergantung lokasi pemasangan.

Itulah beberapa pilihan media promosi beserta kekurangan dan kelebihannya. Tentukan media yang dirasa paling tepat dan buat materi iklan terbaik. Pastikan iklan yang dipasang bisa meningkatkan citra positif produk Anda serta mendongkrak angka penjualan.

Baca juga : 6 Fungsi Iklan yang Wajib Dipahami Pelaku Bisnis Pemula