Iklan billboard merupakan salah satu jenis media iklan outdoor yang sampai saat ini banyak kita jumpai di berbagai lokasi. Media promosi yang satu ini sudah cukup populer sejak dulu dan sampai sekarang semakin banyak digunakan. Berikut akan dibahas seperti apa tips promosi yang bisa diterapkan agar media billboard ini bisa memberikan hasil yang efektif.

  1. 1. Buat Desain Menarik

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membuat desain iklan semenarik mungkin. Semakin menarik tampilannya maka akan semakin mudah diingat oleh masyarakat. Namun, hal ini tidaklah mudah untuk dilakukan apalagi sekarang ada semakin banyak papan reklame bermunculan. Semakin sulit untuk membuat tampilan promosi yang menarik dan unik.

Penting sekali untuk memikirkan warna yang akan Anda gunakan di papan promosi tersebut. Warna-warna terang lebih direkomendasikan agar papan bisa terlihat dari jauh dan langsung menarik perhatian. Selain itu jangan gunakan kombinasi warna yang berlebihan agar tidak mengalihkan perhatian masyarakat dari fokus informasi yang ingin disampaikan.

  1. 2. Siapkan Kata-Kata yang Tepat

Selain desain gambar yang menarik, tak kalah penting juga untuk mempersiapkan kata-kata yang tepat. Selain gambar, Anda juga harus menggunakan pilihan kata yang efektif agar informasi produk tersampaikan dengan baik. Pilih kata-kata yang simpel namun tepat sasaran dan mudah untuk diingat oleh konsumen.

Iklan billboard biasanya dipasang di pinggir jalan dan masyarakat hanya punya waktu singkat untuk melihatnya. Tentu akan jauh lebih efektif jika Anda memakai kalimat yang singkat dan sederhana. Masyarakat akan lebih mudah mendapatkan informasi dan mengingat produk yang ditampilkan.

  • 3. Sesuaikan Ukuran Iklan Billboard

Tips berikutnya yang bisa Anda terapkan adalah memilih ukuran iklan billboard yang ukurannya cukup besar. Apalagi jika Anda akan memasang papan ini di lokasi yang cukup ramai dan sudah dipenuhi oleh banyak papan reklame juga. Semakin besar ukuran papan yang digunakan maka akan semakin mudah untuk dilihat oleh audiens.

Namun ukuran papan ini juga harus disesuaikan dengan lokasi pemasangan. Ada beberapa lokasi yang sudah terasa cukup dengan pemasangan papan berukuran sedang. Selain itu sesuaikan juga ukuran papan dengan materi iklan yang akan dipasang sehingga akan lebih mudah dipahami oleh audiens.

  • 4. Pilih Lokasi yang Strategis

Pemilihan tempat pemasangan iklan juga sangat penting untuk diperhatikan. Semakin strategis lokasi pemasangannya maka akan semakin efektif. Sangat disarankan untuk memilih lokasi yang ramai dilewati oleh orang sehingga hasil beriklan akan terasa memuaskan. Selain itu, pemilihan lokasi juga bisa disesuaikan dengan produk yang ditawarkan serta audiens yang ditargetkan. 

  • 5. Kontrak Waktu Pemasangan

Hal berikutnya yang penting untuk dilakukan adalah memikirkan kontrak waktu pemasangan iklan. Pikirkan berapa lama waktu yang efektif untuk memasang promosi produk Anda. Poin ini juga sangat penting untuk dipikirkan karena berpengaruh banyak pada budget atau biaya yang harus dikeluarkan.

Pemasangan billboard biasanya akan dibatasi dengan waktu kontrak 6 bulan hingga 1 tahun. Namun jangka waktu ini sangat bervariasi dan tergantung persetujuan. Pastikan dalam jangka waktu tersebut Anda bisa menampilkan pemaparan produk terbaik sehingga hasilnya cukup efektif untuk meningkatkan angka penjualan. Itulah beberapa tips penting yang dapat dilakukan saat Anda akan memasang iklan billboard. Kesuksesan promosi produk sangat bergantung pada jenis media, lama waktu pemasangan, lokasi, hingga desain iklan yang menarik. Semua ini harus dipersiapkan dengan baik sehingga produk yang dipromosikan semakin dikenal dan mendapat respon memuaskan dari masyarakat.

Baca juga :

Pilihan Media Iklan Outdoor Terbaik